PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SEMESTER GENAP 2014/2015 SMA NEGERI 1 MERAPI TIMUR KABUPATEN LAHAT SUMSEL

Mega Lestari, 1113033037 (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SEMESTER GENAP 2014/2015 SMA NEGERI 1 MERAPI TIMUR KABUPATEN LAHAT SUMSEL. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (722Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (651Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (578Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak

Perubahan zaman menuntut perubahan pada pendidikan. Begitupun dalam suatu pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran khususnya Pembelajaran Sejarah. Dalam hal ini peneliti menggunakan model Discovery learning untuk mengembangkan Pembelajaran Sejarah. Alat ukur keberhasilan suatu pembelajaran ialah dilihat dari hasil belajar. Dalam hasil belajar yang dinilai ialah aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa dan seberapa besar taraf signifikan Pengaruh penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Semester Genap 2014/2015 Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Ada atau tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikan Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Kognitif Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Semester Genap 2014/2015 Kabupaten Lahat Sumatera Selatan Penelitian menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini ialah adalah siswa kelas X terdiri dari empat kelas yakni X.1, X.2, X.3, dan X.4. Sampel yang digunakan ialah X.1 dengan teknik pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil hipotesis I uji t Harga t0, 975 dengan dk = 54 dari daftar distribusi student adalah 2,01. Kriteria pengujian terima H0 jika t hitung antara -2,01 dan 2,01 dan tolak H0 jika mempunya harga lain. Dari perhitung didapat t = 7,12 maka nilai t tidak berada di daerah penerimaan. Jadi H0 ditolak. Maka H1 diterima. Uji hipotesis II menggunakan rumus korelasi product moment didapat hasil perhitungan korelasi sebesar 0,71. Berdasarkan tabel interpretasi Sofyan Siregar (2013:337) berada pada kategori kuat. Jadi dalam hal ini tolak H0 terima H1. Kesimpulan ada pengaruh Penerapan model pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Semester Genap 2014/2015 SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Besarnya taraf signifikan Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning adalah 0,71 dengan interpretasi berpengaruh kuat terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Semester Genap 2014/2015 SMA Negeri 1 Merapi Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 5262430 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2015 09:10
Last Modified: 19 Aug 2015 09:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item