PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IVA SDN 9 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0613053050, RAHMAD DEDI NINGTYAS (2011) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS IVA SDN 9 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (177Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang penelitian ini didasarkan dari observasi dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IVA SDN 9 Metro Barat yang ternyata partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif dan hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IVA SDN 9 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart yang bersifat siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IVA SDN 9 Metro Barat, Kota Metro. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan instrumen, lembar obervasi dan kuesioner siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Constextual Teaching and Learning (CTL) dan soal tes siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Constextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti selama penelitian tindakan yang berlangsung dalam 3 siklus siswa menyukai proses pembelajaran yang berlangsung. Dari analisa data menunjukkan bahwa penggunaan Constextual Teaching and Learning (CTL) dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN 9 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (66,45%), siklus II (77,76%), dan siklus III (85,26%) serta ketuntasan belajar yang meningkat dari siklus 1 (55,26), siklus II (68,42), dan siklus III (88,42).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 25 Aug 2015 07:24
Terakhir diubah: 25 Aug 2015 07:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11859

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir