Dinna Puspitasari, 1113031019 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP NEGERI 8, BANDAR LAMPUNG DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3595b) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (247Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (294Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (280Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil belajar adalah salah satu indikator pencapaian dalam tujuan belajar mengajar dalam kegiatan belajar mengajar di dalam skolah. Rendahnya hasil belajar di dalam kelas salah satunya dipengaruhi oleh kurang aktifnya siswa dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi di dalam kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar cenderung monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan model pembelajaran tipe Lesson Study terhadap hasil belajar IPS Terpadu, pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu, siswa kelas VII di SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 121 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study. (2) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah. (3) Hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study. (4) Hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study. (5) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. (6) Ada perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Scaffolding dan Lesson Study. Kata kunci :Scaffolding, Lesson Study, kemampuan awal.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 7767877 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Aug 2015 04:36 |
Terakhir diubah: | 20 Aug 2015 04:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11910 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |