STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP NEGERI 8, BANDAR LAMPUNG DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TAHUN AJARAN 2014/2015

Dinna Puspitasari, 1113031019 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS VII DI SMP NEGERI 8, BANDAR LAMPUNG DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TAHUN AJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3595b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (294Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (280Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar adalah salah satu indikator pencapaian dalam tujuan belajar mengajar dalam kegiatan belajar mengajar di dalam skolah. Rendahnya hasil belajar di dalam kelas salah satunya dipengaruhi oleh kurang aktifnya siswa dan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi di dalam kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar cenderung monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan model pembelajaran tipe Lesson Study terhadap hasil belajar IPS Terpadu, pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu, siswa kelas VII di SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 121 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study. (2) Ada perbedaan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah. (3) Hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study. (4) Hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scaffolding lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Lesson Study. (5) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. (6) Ada perbedaan efektivitas antara model pembelajaran Scaffolding dan Lesson Study. Kata kunci :Scaffolding, Lesson Study, kemampuan awal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 7767877 . Digilib
Date Deposited: 20 Aug 2015 04:36
Terakhir diubah: 20 Aug 2015 04:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir