ZULAILI, 1313093160 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
1.COVER LUAR.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (624Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (682Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (304Kb) | Preview |
|
|
Text
10.DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
12.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
13.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
8.MOTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
6.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
Text
7.PERSEMBAHAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
9.SANWACANA.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
14.BAB I.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
Text
15.BAB II.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
Text
16.BAB III.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
17.BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (169Kb) |
|
|
Text
18. BAB V.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Masih banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Pada siklus I pertemuan I persentase siswa yang kurang aktif 60,98% siswa yang aktif 26,83% sangat aktif 12,19% mengalami perubahan lebih baik pada pertemuan II persentase siswa yang kurang aktif 39,02% siswa yang aktif 41,46% sangat aktif 19,51%. Pada siklus II pertemuan I persentase siswa yang kurang aktif 14,63% siswa yang aktif 48,78% sangat aktif 36,59% mengalami peningkatan pada pertemuan II persentase siswa yang kurang aktif 0% siswa yang aktif 53,66% sangat aktif 46,34%. Sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM pada siklus I pertemuan I persentase 56,1% pertemuan II presentase 39,02% menurun pada siklus II pertemuan I menjadi 14,63% dan terus menurun pada pertemuan II dengan persentase 0%. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 8732245 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 03:19 |
Last Modified: | 21 Aug 2015 03:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |