PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 METRO BARAT

ADITYA PERMADI, 1113053002 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 05 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP .pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK INDONESIA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 05 Metro Barat, dari hasil observasi diketahui hanya sebesar 34,78% siswa yang tuntas belajar dengan KKM 65. Penelitian ini bertujuan untuk menerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data yang digunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 63,32 dan siklus II 75,98, terjadi peningkatan sebesar 12,66. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 43,48% dan siklus II 82,61%, terjadi peningkatan sebesar 39,13%. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, model Cooperative Learning tipe NHT

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 9270584 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:29
Last Modified: 24 Aug 2015 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11986

Actions (login required)

View Item View Item