Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pengelolaan Lingkungan (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung T.P 2014/2015)

Aima Mufidah, 1113024002 (2015) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pengelolaan Lingkungan (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung T.P 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR CONTOH.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (364Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138Kb) | Preview

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh seorang individu dalam menghadapi tantangan global. Hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif belum dikembangkan secara optimal, karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bisa memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIE dan VIIF yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan Mann Whitney U pada taraf kepercayaan 5% dengan bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa, data iii aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observsi selama pembelajaran berlangsung, serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh melalui angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan KBK siswa pada kedua kelompok berbeda signifikan. Dengan kelompok eksperimen (64,15) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (36,39). Selain itu, rata-rata peningkatan KBK semua indikator yang diamati juga berbeda signifikan, dengan kelas eksperimen (Aspek berpikir lancar = 82,50; Aspek berpikir luwes = 55,23) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (Aspek berpikir lancar = 46,15; Aspek berpikir luwes = 33,62). Meningkatnya KBK siswa terjadi karena model PBL mampu mengakomodasi siswa dalam mengembangkan KBK. Dengan menggunakan model PBL siswa dilatih untuk menyampaikan pendapat, membuat banyak solusi serta menyelesaikan masalah dari sudut pandang berbeda. Sehingga aktivitas mengajukan pertanyaan, menyampaikan pendapat, memberi solusi serta bertukar informasi siswa didalam kelas meningkat. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen (82,76) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (59,17). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Kata kunci : model PBL, berpikir kreatif, dan aktivitas belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 9070963 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:30
Last Modified: 21 Aug 2015 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11988

Actions (login required)

View Item View Item