Aima Mufidah, 1113024002 (2015) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pengelolaan Lingkungan (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung T.P 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR CONTOH.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (364Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (512Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh seorang individu dalam menghadapi tantangan global. Hasil wawancara yang dilakukan pada guru kelas VII SMP N 20 Bandar Lampung, diketahui bahwa kemampuan berpikir kreatif belum dikembangkan secara optimal, karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bisa memfasilitasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIE dan VIIF yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan Mann Whitney U pada taraf kepercayaan 5% dengan bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa, data iii aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observsi selama pembelajaran berlangsung, serta tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh melalui angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan KBK siswa pada kedua kelompok berbeda signifikan. Dengan kelompok eksperimen (64,15) lebih tinggi dibanding kelompok kontrol (36,39). Selain itu, rata-rata peningkatan KBK semua indikator yang diamati juga berbeda signifikan, dengan kelas eksperimen (Aspek berpikir lancar = 82,50; Aspek berpikir luwes = 55,23) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (Aspek berpikir lancar = 46,15; Aspek berpikir luwes = 33,62). Meningkatnya KBK siswa terjadi karena model PBL mampu mengakomodasi siswa dalam mengembangkan KBK. Dengan menggunakan model PBL siswa dilatih untuk menyampaikan pendapat, membuat banyak solusi serta menyelesaikan masalah dari sudut pandang berbeda. Sehingga aktivitas mengajukan pertanyaan, menyampaikan pendapat, memberi solusi serta bertukar informasi siswa didalam kelas meningkat. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen (82,76) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (59,17). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Kata kunci : model PBL, berpikir kreatif, dan aktivitas belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 9070963 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:30 |
Terakhir diubah: | 21 Aug 2015 04:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11988 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |