PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Jati Agung Tahun Pelajaran 2014/2015)

Rika Sundari, 1113024056 (2015) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Jati Agung Tahun Pelajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (394Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (424Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan berpikir kreatif merupakan soft skill yang harus dimiliki individu di era globalisasi. Namun faktanya, hasil observasi saat pembelajaran IPA di kelas VII SMP N 2 Jati Agung menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif oleh siswa yaitu dengan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelas non equivalent. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C dan VII D yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dan 10 % melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar yang diperoleh melalui lembar observasi dan data tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL yang diperoleh melalui angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan PBL dapat meningkatkan KBK secara signifikan dengan rata-rata peningkatan KBK oleh siswa kelas eksperimen (53,33) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (48,30). Selain itu, rata-rata peningkatan KBK pada indikator kemampuan berpikir lancar siswa kelas eksperimen (49,34) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (40,00). Indikator kemampuan berpikir luwes siswa kelas eksperimen (70,03) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (59,43). Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, melakukan presentasi dan bertukar informasi pada kelas eksperimen (81,32%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (64,22%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan KBK oleh siswa. Kata kunci : model PBL, berpikir kreatif, dan aktivitas belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 6693806 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:23
Terakhir diubah: 21 Aug 2015 04:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir