Putri Ratna Sari, 1113024054 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Negeri Katon Tahun Pelajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (1466Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (1287Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (499Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (329Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (447Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas VII SMP N 1 Negeri Katon, diketahui bahwa kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran NHT terhadap kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen, dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA dan VIIB dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kemampuan komunikasi lisan diperoleh dengan observasi dan tanggapan siswa dijumlah yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kuantitatif berupa hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aspek kemampuan komunikasi lisan siswa (pandangan mata, penyampaian informasi, bertanya atau menanggapi pertanyaan, pemahaman isi materi dan bahasa) pada kelas eksperimen (71,52 ) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (44,58). Hasil belajar siswa berupa nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksprimen (69) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (35). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Meningkatnya hasil belajar siswa didukung oleh tanggapan siswa yang positif terhadap penerapan model pembelajaran NHT. Tanggapan siswa yang positif seperti 100% siswa lebih aktif berkomunikasi di kelas dengan menggunakan model NHT, 96,97% siswa mampu menyampaikan pendapat, 90,91% siswa dapat menyampaikan materi dengan mudah melalui model pembelajaran NHT, 93,94% siswa lebih mudah bertukar pendapat dengan teman satu kelompok, serta 100% siswa menyatakan lebih mudah memahami materi dengan menggunakan model NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model NHT berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci: Komunikasi Lisan, Model Pembelajaran NHT, Peran Manusia, Pengelolaan Lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 7839599 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 06:18 |
Terakhir diubah: | 21 Aug 2015 06:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11995 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |