0813056408, RINAWATI (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 04 UJUNG GUNUNG ILIR KECAMATAN MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I E-TA.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II E-TA.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III E-TA.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV E-TA - Copy.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (87Kb) |
||
|
File PDF
BAB V E-TA.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR OBSERVASI GURU MENGAJAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SAMPUL E-TA.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Siklus 1rpp RINAWATI.pdf Download (16Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kurangnya minat belajar dan rendahnya partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran atau kurangnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran IPS, berdampak pada hasil penilaian yang rendah dari KKM yang ditetapkan 60 hanya 50% saja siswa yang mencapai nilai tersebut. Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir dengan menerapkan metode bermain peran. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau dengan istilah lain (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdapat tiga kegiatan pokok yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, langkah ini dilakukan untuk mengatasi kelemahan kelemahan yang terjadi pada siklus I diperbaiki pada siklus berikutnya. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 53% = C (cukup) menjadi 69% = A (aktif) dan prestasi belajar, dari 17 orang siswa atau 56% yang mencapai nilai KKM menjadi 27 orang siswa 90% pada siklus II Kesimpulannya adalah metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, dapat memudahkan pemahaman terhadap konsep atau materi pelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas serta prestasi belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:39 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12183 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |