PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 04 UJUNG GUNUNG ILIR KECAMATAN MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0813056408, RINAWATI (2011) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 04 UJUNG GUNUNG ILIR KECAMATAN MENGGALA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I E-TA.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II E-TA.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III E-TA.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV E-TA - Copy.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (87Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V E-TA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR OBSERVASI GURU MENGAJAR.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SAMPUL E-TA.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Siklus 1rpp RINAWATI.pdf

Download (16Kb) | Preview

Abstrak

Kurangnya minat belajar dan rendahnya partisipasi anak dalam kegiatan pembelajaran atau kurangnya keterlibatan anak dalam proses pembelajaran IPS, berdampak pada hasil penilaian yang rendah dari KKM yang ditetapkan 60 hanya 50% saja siswa yang mencapai nilai tersebut. Tujuan penelitian adalah meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir dengan menerapkan metode bermain peran. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau dengan istilah lain (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdapat tiga kegiatan pokok yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, langkah ini dilakukan untuk mengatasi kelemahan kelemahan yang terjadi pada siklus I diperbaiki pada siklus berikutnya. Penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SDN 04 Ujung Gunung Ilir. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari rata-rata 53% = C (cukup) menjadi 69% = A (aktif) dan prestasi belajar, dari 17 orang siswa atau 56% yang mencapai nilai KKM menjadi 27 orang siswa 90% pada siklus II Kesimpulannya adalah metode bermain peran dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, dapat memudahkan pemahaman terhadap konsep atau materi pelajaran dan dapat meningkatkan aktivitas serta prestasi belajar siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:39
Last Modified: 07 Sep 2015 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12183

Actions (login required)

View Item View Item