PENGARUH ALAT PERAGA BUKU CERITA BERGAMBAR DAN KARTU HURUF DENGAN PENDEKATAN TEMATIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 1 SUMBEREJO KEMILING BANDAR LAMPUNG ADFDFDDFDF TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0913069101, S O L I A H (2011) PENGARUH ALAT PERAGA BUKU CERITA BERGAMBAR DAN KARTU HURUF DENGAN PENDEKATAN TEMATIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN 1 SUMBEREJO KEMILING BANDAR LAMPUNG ADFDFDDFDF TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover baru.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (232Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru haruslah yang dapat menciptakan keaktifan para diri siswa dalam proses belajar. Untuk menciptakan suasana belajar dan minat baca siswa kelas 1 perlu adanya kreativitas yang tinggi dan profesionalisme guru dalam mengelola proses belajar mengajar tersebut dengan menggunakan alat peraga berupa buku cerita bergambar dan kartu huruf dengan pendekatan tematik agar dapat meningkatkan aktivitas siswa yang akhirnya terjadi peningkatan terhadap kemampuan membaca sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga siklus, yang dalam tiap siklusnya terdiri dua pertemuan dalam proses belajar mengajar. Hasil dari pra penelitian keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar hanya mencapai 42,30% dan nilai rata-rata baru 56,15. Setelah diadakan perbaikan, pada siklus 1 keaktifan siswa menjadi 44,61% dengan nilai rata-rata 58,46. Pada pertemuan kedua keaktifan mencapai 62,85% dengan rata-rata 61,92. Pada siklus dua pertemuan 1 keaktifan siswa menurun menjadi 60,76 tetapi rata-rata siswa naik menjadi 70,38. Maka diadakanlah perbaikan pada pertemuan kedua. Hasilnya keaktifan siswa menjadi 68,46 dengan rata-rata 74,61. Peningkatan keaktifan dan prestasi hasil belajar siswa kelas 1 dalam hal membaca terlihat, yang mana pada siklus ketiga keaktifan siswa sudah mencapai 80,76% sampai 91,30% dengan rata-rata 79,61 pada pertemuan pertama meningkat menjadi 89,61 pada pertemuan kedua. Hal ini membuktikan bahwa penelitian tindakan kelas berhasil dalam melakukan suatu tindakan: 1. Siswa aktif dalam proses belajar 2. Adanya peningkatan hasil belajar melalui alat peraga yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:55
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir