EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 5 KOTA METRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Purwanto, Wiwid Wahyu Ningsih (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 5 KOTA METRO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (408Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (395Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 5 Kota Metro tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan alat bantu sehingga bahan ajar atau materi yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah diterima dan diserap oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau disebut juga CAR (Classroom Action Research), sampel yang digunakan adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 5 Kota Metro yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dan efektivitas dari hasil belajar siswa menggunakan alat bantu dideskripsikan melalui tiga siklus. Siklus pertama menggunakan alat bantu karet tali dengan panjang 4 meter menghasilkan nilai rerata sebesar 59,69 dengan tingkat efektivitas 17,64 %. Siklus kedua menggunakan alat bantu berupa kardus air mineral menghasilkan nilai rerata sebesar 68,83 dengan tingkat efektivitas 35,76 %. Siklus ketiga menggunakan alat bantu berupa video pembelajaran lompat tinggi gaya straddle menghasilkan nilai rerata 77,61 dengan tingkat efektivitas 53,02%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan alat bantu dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran lompat tinggi gaya straddle pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 5 Kota Metro. Dari tiga alat bantu yang mendominasi peningkatan efektivitas pembelajaran lompat tinggi gaya straddle adalah alat bantu video. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Gerak Dasar, Straddle, dan Alat Bantu

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Pertanian > Olahraga berburu
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, S.I.Pust.
Date Deposited: 24 Feb 2014 06:06
Last Modified: 24 Feb 2014 06:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item View Item