0913069141, Yuhana Nurdin (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER YUHANA.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI yuhana.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab 1.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab2.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Yuhana.pdf Download (261Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab 3.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Yuhana Bab5.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
Yuhana Bab4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (55Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahap tindakan pada masingmasing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar IPA adalah 65,44 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 59%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 65,81 dan ketuntasan siswa menjadi 71%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 69,85 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 93%. Pada aktivitas siswa tampak peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu siklus I: 55%, siklus II: 63% dan siklus III: 77%. Sehubungan dengan itu, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 03:55 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 03:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12200 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |