UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG

0913069141, Yuhana Nurdin (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER YUHANA.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI yuhana.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab 1.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab2.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Yuhana.pdf

Download (261Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab 3.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuhana Bab5.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] Text
Yuhana Bab4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (55Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam tiga siklus dengan empat tahap tindakan pada masingmasing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar menggunakan soal pilihan jamak sebanyak 10 soal. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar IPA adalah 65,44 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 59%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 65,81 dan ketuntasan siswa menjadi 71%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 69,85 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 93%. Pada aktivitas siswa tampak peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu siklus I: 55%, siklus II: 63% dan siklus III: 77%. Sehubungan dengan itu, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Terang Bandar Lampung meningkat dengan menggunakan metode eksperimen.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:55
Last Modified: 07 Sep 2015 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12200

Actions (login required)

View Item View Item