PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

1013069128, SITI PURWATI NINGSIH (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PERAGA GARIS BILANGAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEDONG AIR BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. Cover Proposal Ibu.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Riwayat Hidup, Motto, Persembahan.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Prakata.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I (1-7).pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (375Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1361Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1407Kb)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2835Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk menemukan dan memperolah data efektivitas pemanfaatan alat peraga garis bilangan untuk peningkatan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat bagi kelas V SD Negeri 1 Gedong Air Kecamatan Tanjung Karang Barat Bandar Lampung pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perecanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus kedua muncul akibat permasalahan yang timbul pada siklus pertama. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sedangkan tes digunakan untuk mengetaui hasil belajar siswa. Hasil analisis data meninjukkan bahwa dengan menggunakan peraga garis bilangan pada proses pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika siswa SD Negeri 1 Gedong Air terdapat peningkatan hasil belajar dalam penjumlahan dan pengurangan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rat-rata hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II meningkat yaitu pada siklus I dari 64 menjadi 80 dan pada siklus II nilai rata-rata dari 65 mejadi 100.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:39
Last Modified: 07 Sep 2015 04:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12243

Actions (login required)

View Item View Item