0713053016, DEVI YULITA ARYANI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE INQUIRY BERDASARKAN TEKS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 METRO BARAT. Other thesis, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISII.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (475Kb) |
Abstrak
Pembelajaran bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat masih tergolong rendah. Rendahnya nilai keterampilan bercerita disebabkan, siswa pasif dalam pembelajaran, siswa merasa malu bila ditunjuk untuk bercerita di depan kelas. Metode yang digunakan guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita melalui metode inquiry berdasarkan teks cerita fiksi di kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan kinerja guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar penilaian keterampilan bercerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui metode inquiry dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I (63,54%), siklus II (74,31%), mengalami peningkatan sebesar (10,77%) dan siklus III menjadi (87,50%), mengalami peningkatan sebesar (13,19%). Hasil keterampilan bercerita siswa pada siklus I (62,50%), siklus II (66,67%), mengalami peningkatan sebesar (4,17%) dan siklus III menjadi (79,12%) sehingga mengalami peningkatan sebesar (12,50%). Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran bercerita agar aktivitas dan keterampilan bercerita dapat meningkat.
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:00 |
Last Modified: | 07 Sep 2015 04:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12267 |
Actions (login required)
View Item |