PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE INQUIRY BERDASARKAN TEKS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 METRO BARAT

0713053016, DEVI YULITA ARYANI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE INQUIRY BERDASARKAN TEKS CERITA FIKSI PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 METRO BARAT. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISII.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (475Kb)

Abstrak

Pembelajaran bercerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat masih tergolong rendah. Rendahnya nilai keterampilan bercerita disebabkan, siswa pasif dalam pembelajaran, siswa merasa malu bila ditunjuk untuk bercerita di depan kelas. Metode yang digunakan guru kurang melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita melalui metode inquiry berdasarkan teks cerita fiksi di kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan kinerja guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar penilaian keterampilan bercerita. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa melalui metode inquiry dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I (63,54%), siklus II (74,31%), mengalami peningkatan sebesar (10,77%) dan siklus III menjadi (87,50%), mengalami peningkatan sebesar (13,19%). Hasil keterampilan bercerita siswa pada siklus I (62,50%), siklus II (66,67%), mengalami peningkatan sebesar (4,17%) dan siklus III menjadi (79,12%) sehingga mengalami peningkatan sebesar (12,50%). Berdasarkan hasil temuan, disarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran bercerita agar aktivitas dan keterampilan bercerita dapat meningkat.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:00
Last Modified: 07 Sep 2015 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item View Item