PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA SDN 2 BANJAR NEGERI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0713053050, RUDY NUGROHO (2012) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA SDN 2 BANJAR NEGERI TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (326Kb)
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (52Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV A SDN 2 Banjar Negeri. Penggunaan media visual merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut, karena siswa akan diajarkan menghubungkan fakta dan konsep serta dihadapkan dengan permasalahan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian melalui 4 daur siklus yaitu, (1) perencanaan (plaining), (2) pelaksanaan (Acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas belajar siswa, instrumen penilaian kinerja guru (IPKG), dan test. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis data aktivitas siswa dan kinerja guru selama proses pembelajaran, sedangkan analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa dari hasil test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media visual pada mata pelajaran matematika kelas IVA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (57,10 %), siklus II (64,30 %), dan siklus III (70,17 %). Sedangkan rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus I (36,37%), siklus II (54,54%), dan siklus III (78,79%).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:03
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12294

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir