PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDARDALAM SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0813056103, DEWI ASMORO (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDARDALAM SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER 1 ANALISIS SITUASI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER 3 METODE PTK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img] Text
FOLDER 4 HASIL & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (215Kb)
[img]
Preview
Text
FOLDER 5 SIMPULAN&SARAN.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
FOLDER 6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi awal di SD Negeri 1 Bandardalam Sidomulyo Lampung Selatan kualitas hasil belajar IPA kelas V masih dibawah KKM yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPA, melalui penerapan pendekatan Discovery. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan Discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas belajar IPA pada siklus I 65,17% menjadi 77,10% pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar IPA pada siklus 1 63,33% menjadi 86,67% pada akhir siklus II.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:06
Last Modified: 07 Sep 2015 04:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12350

Actions (login required)

View Item View Item