PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN AJARAN 2011/2012

0913099002, Astuti (2012) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN AJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. BAB I.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. BAB II.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. BAB III.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] File PDF
5. BAB IV jadi.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (150Kb)
[img]
Preview
File PDF
6. BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ket izin.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas VA SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 11 Metro Pusat mata pelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus mempunyai 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa menggunakan lembar soal – soal tes. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dari aktivitas dan hasil belajar siswa setiap siklusnya yang mengalami peningkatan. Aktivitas rata-rata siswa pada siklus I (53,12%), siklus II (59,34%), dan siklus III (75%), sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I (51,66), siklus II (72,66), siklus III (76,50). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, siklus II, dan siklus III dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe group STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VA SD Negeri 11 Metro Pusat Tahun Ajaran 2011/2012.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:07
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir