Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDN 1 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Pesawaran

1013109076, Zurizal (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDN 1 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Pesawaran. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (152Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (51Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dengan objek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 32 siswa. Selama ini dalam proses belajar mengajar pada kelas IV khususnya mata pelajaran IPA sering timbul permasalahan seperti : 1). Kurangnya penggunaan metode yang bervariasi sehingga membosankan 2). Perserta didik kurang fokus dalam pembelajaran 3). Rendahnya prestasi belajar peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan pembelajaran dikelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dalam peningkatan hasil belajar, penelitian ini dilaksanakan melalui siklus I dan II dengan bebrapa tahap yaitu pengumpulan data, analisis data. Pada siklus I pertemuan 1, aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 34,38 % dan pada siklus I pertemuan 2, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 46,88%, dan terlihat terjadi peningkatan sebesar 12,25%. Dari kedua hasil tersebut dapat diambil rata-rata sebesar 60,63% dan pada kriteria keberhasilan menunjukkan tingkat aktivitas siswa masih "sedang" dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA dengan menggunakan metode demonstrasi. Pada siklus II pertemuan 1, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 78,3 % dan pada siklus II pertemuan 2, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA menunjukkan nilai persentase sebesar 87,5%, dan terlihat terjadi peningkatan sebesar 9,2%. Dari kedua hasil tersebut dapat diambil rata-rata sebesar 80,0% dan pada kriteria keberhasilan menunjukkan tingkat aktivitas siswa "tinggi" dalam proses pembelajaran Pendidikan IPA dengan menggunakan metode demonstrasi.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Last Modified: 07 Sep 2015 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12427

Actions (login required)

View Item View Item