PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK VIRUS

0743024003, Aditya Prayoga (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK VIRUS. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER DEPAN.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERNYATAAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II .pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (184Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa SMA Negeri 14 Bandar lampung masih rendah karena metode diskusi yang diterapkan masih belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga berdampak pada meningkatnya penguasaan materi pokok Virus oleh siswa. Salah satu alternatif tersebut adalah dengan mengkombinasiakan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penerapan media kartu bergambar dengan model Jigsaw terhadap penguasaan materi pokok virus; (2) Pengaruh penerapan media kartu bergambar dengan model Jigsaw terhadap aktivitas belajar siswa pada materi pokok virus. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen desain pretes postes kelompok non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 4 (36 siswa) dan X 5 (37 siswa) yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji mann ii whitney-U pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 17. Data kualitatif yaitu data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar dengan model Jigsaw, kemudian dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kartu bergambar dengan model Jigsaw memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan penguasaan materi siswa dan aktivitas belajar. Indikator penguasaan materi yang memiliki rata-rata tertinggi yaitu pada indikator C2, sedangkan rata-rata indikator penguasaan materi terendah yaitu pada indikator C4. Persentase aktivitas siswa kelas eksperimen yang mengunakan media kartu bergambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berkategori tinggi yaitu pada aspek aktivitas bertukar informasi sebesar 79,63 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dengan model Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:15
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir