PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI

0743024058, YENI ERIKANIA (2013) PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3 COVER sarjana.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1 COVER depan.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR MENYETUJUI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7 RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8 PERSEMBAHAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK revisi.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9 MOTTO.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 revisi.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 new.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] Text
bab 4 revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (31Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa melalui model Two Stay Two Stray dan Gallery Walk pada materi pokok sistem ekskresi dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran. Desain penelitian ini adalah pretes-posttes non equivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh XI SMA Negeri 1 Natar . Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TSTS dapat lebih meningkatkan KBK siswa dibandingkan dengan model pembelajaran GW. Pada kelas TSTS rata-rata postesnya adalah 67,03 sedangkan kelas GW yang rata-rata postesnya 50,78. Pada rata-rata N-gain kelas TSTS (44,03), sedangkan pada kelas GW (32,30). Dilihat dari peningkatan pada setiap indikator KBK siswa yang ii iii YENI ERIKANIA tertinggi yaitu indikator memberikan argumen dengan persentase peningkatan sebesar 32,74 % , sedangkan pada kelas GW peningkatan indicator KBK tertinggi yaitu pada indicator melakukan deduksi yaitu 31,15%. Artinya kedua kelas memiliki hasil KBK yang berbeda. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas TSTS sebesar 84,44 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas GW sebesar 77,51. Aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas TSTS dan GW yaitu pada saat bertukar informasi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran GW pada kelas XI IPA1 dan XI IPA2 SMA Negeri 1 Natar materi pokok sistem ekskresi.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:15
Last Modified: 07 Sep 2015 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12613

Actions (login required)

View Item View Item