INDAH SURYA PERTIWI, 1113024027 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. COVER DEPAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (396Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (357Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (194Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain pretestpostest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari dari rata-rata pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji u. data kualitatif berupa kemampuan berpikir kritis siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata Indah Surya Pertiwi N-gain dari pretest dan postest kelas eksperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol (eksperimen = 62,80; kontrol = 27,49). Rata-rata peningkatan pada aspek memberikan penjelasan dasar adalah 68,92, membangun keterampilan dasar 44,37, membuat penjelasan lebih lanjut 66,58, dan menyimpulkan 63,42. Peningkatan ini didukung dengan aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model Discovery Learning. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Discovery Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok ciri-ciri makhluk hidup. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Discovery Learning, kemampuan berpikir.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 7778586 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:50 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12663 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |