Rustam LK , Damayanti (2013) EFEKTIVITAS PERAN DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda Bandar Lampung). Masters thesis, Universitas Lampung.
|
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (243Kb) | Preview |
|
|
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (271Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (231Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (163Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (287Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (205Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Download (393Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (201Kb) |
|
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (140Kb) | Preview |
|
![]() |
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peran dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Permata Bunda. Fokus penelitian ini adalah peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pendidik (educator ), manajer, administrator, supervisor, pemimpin (leader ), pencipta iklim kerja, dan wirausahawan (enterpreu neur ). Penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data adalah bidang pendidikan Yayasan Daarul Hikmah, kepala sekolah, guru, dan karyawan. Analisis data yang digunakan dengan triangulasi, yaitu membandingkan hasil observasi dengan dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian adalah: 1) kepala sekolah memiliki profesionalisme sebagai pendidik dan dapat memotivasi guru untuk memiliki profesionalisme sebagai guru, 2) sebagai manajer, kepala sekolah melakukan fungsi-fungsi manajemen dengan baik, mampu mengelola organisasi sekolah sehingga pengelolaan berjalan dengan efektif, 3) peran dan fungsi sebagai administrator berjalan dengan baik, sebagai indikator dengan adanya bukti-bukti fisik administrasi pengelolaan sekolah, 4) peran dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor berjalan cukup baik, dengan berjalannya supervisi pada guru dan karyawan, dan dirasakannya peran supervisi oleh guru dan karyawan sebagai media untuk meningkatkan kinerja dalam pembelajaran dan kerja-kerja di sekolah. 5) peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin berjalan dengan baik. Memiliki integritas, kedisplinan, komitmen konsistensi dan demokratis. Kepala sekolah sebagai pimpinan sangat memahami organisasi sekolah, visi misi dan karakteristik SDIT Permata Bunda. 6) peran dan fungsi kepala sekolah sebagai pencipta iklim kerja berjalan dengan baik. Kepala sekolah selalu mengupayakan iklim kerja yang kondusif bagi guru dan karyawan, sehingga produktivitas dalam bekerja optimal. 7) kepala sekolah memiliki jiwa enterpreuneur , dengan indikator memiliki motivasi yang tinggi, pantang menyerah, optimis, memiliki kreativitas dan inovasi yang cukup baik untuk memajukan sekolah. Kata kunci: Peran dan Fungsi Kepala Sekolah: Pendidik, Manajer, Administrator, Supervisor, Pemimpin, Pencipta Iklim Kerja, dan Wirausahawan
Tipe Karya Ilmiah: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 03 Mar 2014 07:45 |
Last Modified: | 03 Mar 2014 07:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |