PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Studi Komparatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Lampung T.P. 2014/2015)

Emily Prihatina Yama , 1113024015 (2015) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Studi Komparatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Lampung T.P. 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTO.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (335Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (282Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa. Desain penelitian ini adalah the randomized pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar ranah kognitif siswa yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney U pada tarap kepercayaan 5% dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa data hasil belajar ranah afektif siswa yang diperoleh dari lembar observasi sikap yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen I lebih tinggi (61.87%) dan berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II (26.53%). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen I dan eksperimen II juga mengalami perbedaan, pada kelas eksperimen I C1 (78%), C2 (71%) dan C3 (45%) berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II N-gain C1 (18%), C2 (38%), C3 (11%), Rata-rata hasil belajar ranah afektif siswa pada kedua kelas tidak terdapat perbedaan, yang mana memiliki kriteria sama yaitu berkriteria baik dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I yaitu 83,33% sedangkan pada kelas eksperimen II 81,62%. Dengan demikian terdapat perbedaan antara model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning pada hasil belajar ranah kognitif siswa namun tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah afektif pada materi pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan. Kata kunci: Guided Inquiry Learning, Guided Discovery Learning, ranah kognitif siswa, ranah afektif siswa, kepadatan penduduk, dan lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1672504 . Digilib
Date Deposited: 09 Sep 2015 08:44
Terakhir diubah: 09 Sep 2015 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir