Emily Prihatina Yama , 1113024015 (2015) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA (Studi Komparatif pada Materi Pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Bandar Lampung T.P. 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTO.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (335Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (282Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa. Desain penelitian ini adalah the randomized pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar ranah kognitif siswa yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji t dan uji Mann-Whitney U pada tarap kepercayaan 5% dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa data hasil belajar ranah afektif siswa yang diperoleh dari lembar observasi sikap yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen I lebih tinggi (61.87%) dan berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II (26.53%). Hasil analisis rata-rata nilai N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen I dan eksperimen II juga mengalami perbedaan, pada kelas eksperimen I C1 (78%), C2 (71%) dan C3 (45%) berbeda signifikan dengan kelas eksperimen II N-gain C1 (18%), C2 (38%), C3 (11%), Rata-rata hasil belajar ranah afektif siswa pada kedua kelas tidak terdapat perbedaan, yang mana memiliki kriteria sama yaitu berkriteria baik dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen I yaitu 83,33% sedangkan pada kelas eksperimen II 81,62%. Dengan demikian terdapat perbedaan antara model pembelajaran Guided Inquiry Learning dengan Guided Discovery Learning pada hasil belajar ranah kognitif siswa namun tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah afektif pada materi pokok Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan. Kata kunci: Guided Inquiry Learning, Guided Discovery Learning, ranah kognitif siswa, ranah afektif siswa, kepadatan penduduk, dan lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 1672504 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 08:44 |
Terakhir diubah: | 09 Sep 2015 08:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12799 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |