LITA YUDHITYA, 1113024037 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Padjajaran Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (390Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (617Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VII SMP Padjajaran Bandar Lampung menyatakan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa adalah model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Desain penelitian ini adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan U. Data kualitatif diperoleh dari skor aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata N-gain dari nilai pretest dan posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 50,54; kontrol = 34,30). Rata-rata peningkatan pada aspek merumuskan masalah adalah 43,48, memberi argumen 34,78, melakukan induksi 60,87, melakukan deduksi 53,62, dan melakukan evaluasi 39,86. Peningkatan ini didukung dengan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang berkriteria ‘tinggi’ dan tanggapan positif siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : aktivitas belajar, kemampuan berpikir kritis, pengelolaan lingkungan, PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 4658777 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Sep 2015 08:08 |
Terakhir diubah: | 10 Sep 2015 08:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12821 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |