Putri Nurul Aini, 1113053087 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 MARGAJAYA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (279Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (635Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 1 Margajaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan model PBL dengan media power point. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media power point pada mata pelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I 67,14 (aktif) siklus II 89,76 (sangat aktif) mengalami peningkatan 22,62. Persentase keaktifan kelas siklus I 60,00% (aktif) siklus II 95,72% (sangat aktif) mengalami peningkatan 35,72%.Nilai rata-rata hasil belajar afektif siklus I 69,52 (baik) siklus II 79,05 (baik) mengalami peningkatan 9,53 dengan persentase ketuntasan siklus I 55,72% (cukup) siklus II menjadi 75,72% (baik) mengalami peningkatan 20,00%. Nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siklus I 65,72 (cukup terampil) siklus II 86,19 (sangat terampil) mengalami peningkatan 20,47 dengan persentase ketuntasan siklus I 54,29% (cukup terampil) siklus II 90,00% (sangat terampil) mengalami peningkatan 35,71%. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif siklus I 77,46 (baik) siklus II 83,74 (sangat baik) mengalami peningkatan 6,28 dengan persentase ketuntasan siklus I 62,86% (tinggi) siklus II 77,15% (tinggi) mengalami peningkatan 14,29%. Kata kunci: model Problem Based Learning, media power point, aktivitas belajar, hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 5374195 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 06:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2015 06:40 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12843 |
Actions (login required)
View Item |