Endang Sasmita, 1113034030 (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
1. COVER LUAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRACT.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
Text
3.ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
4. COVER DALAM.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
8.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
9.MOTO.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
Text
10.PERSEMBAHAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
11.SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR-TABEL.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR-GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR-LAMPIRAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (878Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (818Kb) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (300Kb) | Preview |
|
|
Text
1.BAB I.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
Text
2.BAB II.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
Text
3.BAB III.pdf Download (305Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
4.BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (449Kb) |
|
|
Text
8.BAB V.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak
abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi Kelas X di SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang di gunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) yaitu metode yang membandingkan pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung sebanyak 197 siswa, Jumlah sampel sebanyak 64 siswa diperoleh dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data diperoleh adanya perbedaan yang signifikan rata-rata nilai gain pada kelas yang diberi perlakuan model Problem Based Learning dan pada kelas yang diberi perlakuan metode ceramah, dimana kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal tersebut dikarenakan nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen (Problem Based Learning) lebih banyak yang memiliki nilai tuntas belajarnya. Sehingga dapat disimpulkan proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar dan penerapan model pembelajaran.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Depositing User: | 5618800 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Sep 2015 08:03 |
Last Modified: | 17 Sep 2015 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |