Ester Rintowati, 1313093035 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BANJARREJO BATANGHARI LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (227Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (168Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (589Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Banjarrejo batanghari lampung timur tahun pelajaran 2014/2015 melalui pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) . Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru, serta soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasi belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 58,67dan pada siklus II 61. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I 69 dan pada siklus II meningkat menjadi 76. Ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 65%, meningkat menjadi 95% pada akhir siklus II. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 3242540 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 08:31 |
Last Modified: | 22 Sep 2015 08:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12921 |
Actions (login required)
View Item |