PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Seputih Mataram Kab. Lampung Utara Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan Tahun Pelajaran 2014/2015)

Suci Mardianti, 1113024064 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Seputih Mataram Kab. Lampung Utara Materi Pokok Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. PERSEMBAHAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTO.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (384Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (465Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (175Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK INDONESIA Hasil observasi dengan guru biologi di SMP Negeri 1 Seputih Mataram, diketahui bahwa self efficacy siswa dan hasil belajar siswa belum optimal. Oleh krena itu, diperlukan alternative untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran PBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII B dan VIIC yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai n-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-Anova dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa self efficacy siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh terhadap self efficacy dan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 42,00, nilai postes 78,00 dan N-gain 63. Peningkatan self efficacy siswa terjadi dalam semua aspek. sebesar 70% dengan kriteria “baik”. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model Problem Based Instruction berperangaruh terhadap self efficacy dan berperangaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model pembelajaran PBI, Self efficacy, hasil belajar dan Peran Manusia dalam Pengelolaan Lingkungan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 8246200 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:51
Terakhir diubah: 16 Mar 2022 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir