Buyung, 0913041029 (2015) RESEPSI SISWA KELAS X SMA N 8 BANDARLAMPUNG TERHADAP PUISI CINTAKU JAUH DI PULAU KARYA CHAIRIL ANWAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR SINGKATAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (268Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (265Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (230Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf Download (426Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah resepsi siswa terhadap puisi “Cintaku Jauh di Pulau” karya Chairil Anwar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan resepsi siswa terhadap puisi “Cintaku Jauh di Pulau”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 8 Bandarlampung. Data penelitian ini adalah data kualitatif, yaitu berupa kata-kata bukan numerik/angka yang diperoleh dari resepsi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa resepsi siswa bahwa pada indikator tema terdapat tiga kelompok data yang berbeda. Dalam kelompok data pertama siswa mengemukakan pendapat mengenai tema puisi berdasarkan pada teks karena pertanyaan yang diajukan pada siswa merujuk pada teks puisi. Dalam kelompok data yang kedua mengenai selera siswa terhadap tema puisi. Siswa menyukai tema puisi dengan mengemukakan alasan yang berdasarkan pada resepsi ekstrinsik teks judul. Ada juga siswa yang menyukai tema puisi dengan mengemukakan alasan berdasarkan pada resepsi ekstrinsik teks. Kemudian terdapat siswa yang tidak menyukai atau tidak tertarik terhadap tema puisi dengan mengemukakan alasan yang berdasarkan pada resepsi intrinsik dan ekstrinsik teks puisi. Dalam kelompok data yang ketiga siswa mengemukakan pendapat mengenai tema berdasarkan pada sudut pandang siswa sebagai seorang pembaca. Pada indikator majas terdapat tiga kelompok data yang berbeda. Dalam kelompok data pertama siswa mengemukakan pendapatnya mengenai majas berdasarkan pada teks puisi (tekstual) karena pertanyaan yang diajukan oleh peneliti pada siswa diarahkan pada teks puisi. Siswa mengemukakan majas yang digunakan beserta kutipan yang mendukung mengenai majas pada puisi. Kelompok data kedua siswa mengungkapkan selera terhadap majas yang digunakan dengan mengemukakan alasan berdasarkan resepsi intrinsik teks. Ada juga siswa yang tidak menyukai atau tidak tertarik terhadap majas yang digunakan dengan alasan yang berdasarkan pada resepsi intrinsik teks puisi. Dalam kelompok data yang ketiga siswa mengemukakan pendapat mengenai majas berdasarkan sudut pandang siswa sebagai seorang pembaca. Pada indikator amanat hanya satu kelompok data. Dalam kelompok data tersebut siswa mengemukakan pendapat mengenai amanat berdasarkan sudut pandang siswa sebagai seorang pembaca. Pada resepsi terhadap judul puisi dapat disimpulkan secara keseluruhan siswa menyukai judul berdasarkan pada resepsi intrinsik dan ekstrinsik. Ada juga siswa yang tidak menyukai judul berdasarkan pada resepsi intrinsik teks. Pada resepsi terhadap tema, secara keseluruhan siswa menyatakan tertarik atau menyukai tema puisi dan banyak yang menyatakan bahwa tema puisi adalah percintaan. Selanjutnya, resepsi pada indikator majas secara keseluruhan siswa mengungkapkan bahwa majas yang digunakan pada puisi adalah majas personifikasi dan hiperbola. Pada resepsi siswa terhadap amanat, siswa menyatakan bahawa banyak pesan moral yang dapat diperoleh dari puisi tersebut.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 4756779 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 06:59 |
Terakhir diubah: | 16 Mar 2022 06:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13166 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |