PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS

0543023027, SARI RAHMAYANTI (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sary.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Sary.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Sary.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III Sary.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV Sary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V Sary.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SARY.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skirpsi Sary.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Gambar Sary.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI Sary.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Tabel Sary.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS Sary.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul Skripsi.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto Sary.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN Sary.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN Sary.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP Sary.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA Sary.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Perintis 2 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 60, sementara baru 47,36% siswa yang mendapat nilai ≥ 60. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X 4 pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks tahun pelajaran 2008-2009 yaitu 55,39. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) seperti menjawab pertanyaan, dan mengajukan pertanyaan masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran kooperatif teknik Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan persentase (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep dan, (3) ketuntasan belajar Sari Rahmayanti pada konsep larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 4 SMA Perintis 2 Bandar Lampung yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1) setiap jenis aktivitas on task siswa, yaitu menjawab pertanyaan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,22%, dari siklus II ke siklus III 6,57%; mengajukan pertanyaan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,58%, dari siklus II ke siklus III sebesar 14,47%; aktif dalam diskusi dari siklus I ke siklus II sebesar 7,9%, dari siklus II ke siklus III sebesar 17,1%; memberikan pendapat dari siklus I ke siklus II sebesar 7,91% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 13,15%; (2) rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 4,74% , dari siklus II ke siklus III sebesar 19,38%; dan (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 10,53%, dari siklus II ke siklus III sebesar 7,89%.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:35
Last Modified: 22 Oct 2015 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13265

Actions (login required)

View Item View Item