HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI SEMESTER GANJIL TP 2009/2010

0613034034, EKA RIA NANDA PUTRI (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTABUMI SEMESTER GANJIL TP 2009/2010. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Prestasi belajar geografi adalah hasil yang dicapai oleh siswa yang diberikan oleh guru selama mengikuti pelajaran geografi yang dapat dilihat dalam bentuk nilai atau angka. Prestasi belajar yang baik bukan hanya harapan harapan siswa, tapi juga merupakan harapan dari guru sebagai pendidik dan juga orangtua. Penelitian ini bertujujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMU Negeri 2 Kotabumi, sedangkan sampelnya berjumlah 56 siswa yang diambil dengan menggunakan rumus T. Yamane yang dilanjutkan dengan rumus alokasi simple random sampling. Sebelum data dianalisis lebih lanjut, untuk data yang masih berbentuk ordinal dinaikkan datanya menjadi data interval dengan menggunakan Methode of Sucsessive Interval (MSI). Selanjutnya untuk teknik analisis data menggunakan uji Normalitas dan homogenitas. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: 1. Ada hubungan yang positif yang erat dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 di SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan r hitung > r = 0,659> 0,257, koefisien determinasi (r 2 ) sebesar 0,434. Berdasarkan analisis data ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas tabel i XI IPS-1 dan XI IPS-2 di SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Semakin baik persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru, maka prestasi belajar geografi siswa cenderung semakin baik pula. 2. Ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 di SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan r hitung > r tabel = 0,798 > 0,257, determinasi (r ) sebesar 0,637.. Berdasarkan analisis data ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 di SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Semakin baik motivasi belajar, maka prestasi belajar geografi siswa cenderung semakin baik pula. 3. Ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS-1 dan XI IPS-2 di SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Hal ini ditunjukkan dengan r hitung > r tabel = 0,861> 0,257, dan koefisien determinasi (r 2 ) sebesar 0,741. Berdasarkan analisis data ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS-1 dan XI IPS2, SMA Negeri 2 Kotabumi semester ganjil TP 2009/2010. Dengan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru yang baik dan motivasi belajar yang baik, maka prestasi belajar geografi siswa akan cenderung meningkat.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:39
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir