MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 3 MERAK BATIN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713056124, TEGUH RS (2010) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 3 MERAK BATIN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1470Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2254Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (484Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)
[img] Text
PTK LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2820Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 3 Merak Batin kualitas hasil belajar matematika kelas V masih dibawah KKM, penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika, melalui pendekatan kooperatif learning. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Sitiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dari nilai rata-rata prasiklus 5,54, menjadi 6,79 pada siklus 1 dan 6,95 pada siklus 2.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Other)
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK3
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:40
Last Modified: 22 Oct 2015 09:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

View Item View Item