0813053059, SUSTI ANGGRA ENI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
Text
2 PERSEMBAHAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
Text
cover dalam.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
cover skripsiku.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
motto.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
Text
pernyataan.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
Text
riwayat hidup.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (445Kb) |
||
|
Text
BAB I pendahuluan.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
Text
bab II tinjauan pustaka.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (307Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yakni 17 siswa dari 29 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM 60 pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe think pair share. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan daur yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe think pair share pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 4 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (38,18%), siklus II (59,78%), dan siklus III (84,69%). Sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 10 siswa (34,48%) mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II terdapat 18 siswa (62,06%) dan untuk siklus III meningkat menjadi 26 siswa (89,65%). Jika dihitung menggunakan uji t-tes berdasarkan taraf kepercayaan 5% (dk):n-1 dan n=29 ditemukan sebesar 2,048 didapatkan hasil pada siklus I dan II t hitung 4,45>t tabel 2,048 dan uji t-tes siklus II dan III didapatkan t hitung 6> t tabel 2,048 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima serta adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada penelitian telah mencapai ketuntasan 75% dari jumlah 29 siswa dengan KKM 60. Kata kunci: cooperative learning tipe think pair share, aktivitas dan hasil belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:43 |
Last Modified: | 22 Oct 2015 09:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13430 |
Actions (login required)
View Item |