1113069080, ROSMINIATI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V B SDN 1 SURABAYA KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
abstrack.pdf Download (476Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (190Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (375Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (383Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DLL.pdf Download (284Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (372Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (283Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengeantar.pdf Download (524Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar pengesahaan.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (148Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu berkisar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah (65). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur dalam penelitian ini ada 2 siklus dengan empat langkah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar aktivitas belajar dan lembar hasil tes belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Siklus 1 mencapai ketuntasan sampai 83% dengan peningkatan nilai sebesar 12,5 poin, pada Siklus II mencapai ketuntasan sampai 93% dengan peningkatan nilai sebesar 13,83 poin. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar meningkat dalam setiap kegiatan pembelajaran. Meningkatnya aktivitas belajar siswa adalah karena dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw proses kegiatan pembelajaran tidak lagi berfokus pada guru, melainkan pembelajaran berfokus pada siswa. Siswa belajar dengan mengalami langsung, berperan aktif, merasa senang dan tertantang karena siswa merasa bertanggung jawab terhadap materi pelajaran yang diterimanya dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar dapat mengajarkan pada temannya yang lain. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw, matematika.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:44 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13442 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |