PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V B SDN 1 SURABAYA KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1113069080, ROSMINIATI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V B SDN 1 SURABAYA KECAMATAN KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrack.pdf

Download (476Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (190Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (375Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (383Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DLL.pdf

Download (284Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (372Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (283Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
kata pengeantar.pdf

Download (524Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pengesahaan.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (206Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (148Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu berkisar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan sekolah (65). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur dalam penelitian ini ada 2 siklus dengan empat langkah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan lembar aktivitas belajar dan lembar hasil tes belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Siklus 1 mencapai ketuntasan sampai 83% dengan peningkatan nilai sebesar 12,5 poin, pada Siklus II mencapai ketuntasan sampai 93% dengan peningkatan nilai sebesar 13,83 poin. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar meningkat dalam setiap kegiatan pembelajaran. Meningkatnya aktivitas belajar siswa adalah karena dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw proses kegiatan pembelajaran tidak lagi berfokus pada guru, melainkan pembelajaran berfokus pada siswa. Siswa belajar dengan mengalami langsung, berperan aktif, merasa senang dan tertantang karena siswa merasa bertanggung jawab terhadap materi pelajaran yang diterimanya dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar dapat mengajarkan pada temannya yang lain. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatiftipe jigsaw, matematika.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:44
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir