PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 1 RAJABASA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1113066005, Hermarika (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 1 RAJABASA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV baru.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (560Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover ptk gw.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Rendahnya kemampuan menulis deskripsi siswa SD Negeri 1 Rajabasa merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara pendekatan inkuiri guna meningkatkan kemampuan menulis deskripsi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pendekatan inkuiri, khususnya siswa kelas IVB SD Negeri 1 Rajabasa Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas IVB SD Negeri 1 Rajabasa tahun ii pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 32 orang, terdiri atas 15 laki-laki dan 17 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam menulis deskripsi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 51,62 dari 32 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 30 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan cara pendekatan inkuiri, kemampuan menulis deskripsi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 61,40 atau meningkat sebesar 9,78 atau 11,83% sedangkan siswa yang tuntas 17 dari 32 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan menulis deskripsi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,00 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 9,72 atau 11,53% dengan ketuntasan klasikal 29 siswa atau sebesar 85%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi pada siswa kelas IVB SDN 1 Rajabasa sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:48
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir