PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V-B SDN 1 SINAR SEMENDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1113124001, Rohimah (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V-B SDN 1 SINAR SEMENDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK. PTKdoc.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV baru.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (949Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover ptk gw.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa SD Negeri 1 Sinar Semendo merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan melalui metode latihan terbimbing guna meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode latihan terbimbing, khususnya siswa kelas V-B SD Negeri 1 Sinar Semendo Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas V-B SD Negeri 1 Sinar Semendo tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 24 orang, terdiri atas 10 laki-laki dan ii 14 perempuan. Pada siklus I setiap siswa membaca pemahaman. Aspek yang dinilai setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan membaca pemahaman guru mem-bimbing siswa dengan lebih sabar. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V-B SDN 1 Sinar Semendo sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yaitu tercapai KKM sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 65,00.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:48
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir