0813053051, Pratisthita Puji L (2012) PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VA SD NEGERI 1 PRINGSEWU UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (176Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PERSEMBAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3749Kb) |
||
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini didasarkan dari observasi dengan guru dan siswa kelas VA SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Terlihat bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Yaitu hanya 5 orang dari 30 siswa yang aktif. Berdampak pada hasil belajar Pkn dengan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 50. Sehingga penulis menggunakan metode Mind Mapping dalam proses pembelajaran PKn, karena diyakini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 1 Pringsewu Utara pada pembelajaran PKn dengan menggunakan metode Mind Mapping dan Subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, oservasi dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa, melalui penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 1 Pringsewu Utara. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I rata-rata 52,93%, siklus II rata-rata 63,86%, dan pada siklus III rata-rata 83,86%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (65,33), siklus II (70,00), dan pada siklus III (89,67) Kata kunci: aktivitas, hasil belajar dan metode Mind Mapping.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:53 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13579 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |