PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TALANG BANDAR LAMPUNG

1013069232, SAIRAH (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN 3 TALANG BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (250Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (54Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan guru terhadap peningkatan aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV yang rendah, yaitu standar ketuntasan minimal belum tercapai secara maksimal yaitu baru mencapai 50,40%.Hal ini diduga karena pada proses pembelajaran guru belum memberikan kesempatan belajar yang seluas-luasnya kepada siswa, dan belum menggunakan alat bantu belajar yang tepat. Metode yang dipilih peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan datapada penelitian ini adalah pengamatan terhadap peningkatan belajar siswa dan rancangan pembelajaran yang disusun peneliti,dan tes hasil belajar setiap ahkir siklus penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus sederhana yaitu prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar dari siklus ke siklus, peningkatan aktivitas belajar siklus ke 1 rata-rata 57%, siklus ke 2 rata-rata 85% maka meningkat 20%, sedangkan prestasi belajar siklus ke 1 rata-rata 60%, siklus ke 2 rata-rata 75% maka aktivitas dan prestasi belajar siswa rata-rata meningkat 15%, dengan demikian hipotesis teruji positif dan selanjutnya disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa SDN 3 Talang Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata kunci : Aktivitas, Prestasi dan Kerja kelompok.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . TIK4
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:54
Last Modified: 22 Oct 2015 09:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item View Item