PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Perintis 1 Bandar Lampung)

0443024037, Titin Suprihatin (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Perintis 1 Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 (T).pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 new.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img] Text
bab 4 new.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI T.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HARDCOVER Titin.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kover sarjana titin.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN titin.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO T2n.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan skripsi titin.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN titin.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN titin.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP T2n.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA T2N.pdf

Download (109Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak SMP Perintis 1 Bandar Lampung masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan ceramah sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan materi siswa. Dengan demikian diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dengan mengkondisikan siswa sebagai subjek belajar. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan; (2) penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual dibandingkan tanpa pembelajaran kontekstual Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010-2011 di SMP Perintis 1 Bandar Lampung. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan populasi dan sampel yaitu siswa-siswi kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan siswa-siswi kelas VIIIF sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-post test non ekuivalen. Data penelitian ini berupa penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan yang diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain siswa. Data tersebut dianalisis secara statistik dengan uji t melalui program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan oleh siswa. Kata kunci : Kontekstual, Penguasaan , Materi, Pertumbuhan dan Perkembangan.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:14
Last Modified: 22 Oct 2015 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item