0443024037, Titin Suprihatin (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PENGUASAAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Perintis 1 Bandar Lampung). Digital Library.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1 (T).pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3 new.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4 new.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (151Kb) |
||
|
File PDF
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI T.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HARDCOVER Titin.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kover sarjana titin.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN titin.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO T2n.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan skripsi titin.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN titin.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN titin.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP T2n.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA T2N.pdf Download (109Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak SMP Perintis 1 Bandar Lampung masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan ceramah sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan materi siswa. Dengan demikian diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dengan mengkondisikan siswa sebagai subjek belajar. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan; (2) penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Pertumbuhan dan Perkembangan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kontekstual dibandingkan tanpa pembelajaran kontekstual Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010-2011 di SMP Perintis 1 Bandar Lampung. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan populasi dan sampel yaitu siswa-siswi kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan siswa-siswi kelas VIIIF sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah pretest-post test non ekuivalen. Data penelitian ini berupa penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan yang diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain siswa. Data tersebut dianalisis secara statistik dengan uji t melalui program SPSS 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan materi pokok pertumbuhan dan perkembangan oleh siswa. Kata kunci : Kontekstual, Penguasaan , Materi, Pertumbuhan dan Perkembangan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:14 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13608 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |