PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP KETRAMPILAN PROSES DASAR SISWA (Kelas VII SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011)

0443024047, Rini Apriani (2011) PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP KETRAMPILAN PROSES DASAR SISWA (Kelas VII SMP Negeri 3 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (3825b) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Proses pembelajaran di kelas VII SMPN 3 Natar Lampung Selatan masih menggunakan metode yang berpusat pada guru sehingga kurang dapat menggali keterampilan proses dasar. Pembelajaran discovery dapat menggali keterampilan proses dasar karena discovery dapat memajukan cara belajar aktif yang berorientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran metode discovery terhadap keterampilan proses dasar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIC. Sampel diambil dari populasi yang berupa teknik cluster random sampling, siswa pada kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan siswa pada kelas VIIC sebagai kelompok kontrol. Desain yang digunakan adalah desain pos-test pada kelompok ekuivalen. Data penelitian berupa data kuantitatif keterampilan proses dasar siswa yang diperoleh dari tes formatif dengan soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan uji-t menggunakan Software SPSS versi 12 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan dari metode discovery terhadap keterampilan proses dasar siswa pada sub materi tumbuhan, (2) Keterampilan proses dasar siswa melalui penggunaan metode discovery lebih tinggi dibandingkan tampa metode discovery Kata kunci : Metode Discovery, Keterampilan Proses Dasar

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:14
Last Modified: 22 Oct 2015 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13611

Actions (login required)

View Item View Item