MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V A SDNEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013099001, Albert Karim (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V A SDNEGERI 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1184Kb)
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahaan.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (55Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial (IPS) di kelas V A SD Negeri 11 Metro Pusat belum berlangsung seperti apa yang diharapkan. Guru masih memposisikan dirinya sebagai satu-satunya sumber pembelajaran di kelas (teacher centered), sehingga siswa menjadi pasif. Sehingga berdampak kepada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V A SD Negeri 11 Metro Pusat melalui penerapan model Role Playing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subyek penelitian adalah siswa kelas V A berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu observasi dan tes tertulis. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif yang kemudian dijabarkan menjadi metode diskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Role Playing pada mata pelajaran IPS kelas V A SD Negeri 11 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (56,76%) dan siklus II (80,15%) sehingga terjadi peningkatan 23,39%, serta siswatuntas hasil belajar pada siklus I sebanyak 18 orang (62,07%)dan ketuntasanhasil belajar siswa pada siklus II sebanyak 23 orang (79,31%) sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebanyak 5 orang (17,24%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V A SD Negeri 11 Metro Pusat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Aktivitas belajar, dan Hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:55
Last Modified: 22 Oct 2015 09:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item