0513024040, Novi Apriyanti (2011) KAJIAN PENGUASAAN MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII BERDASARKAN KERAGAMAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIOLOGI PADA SMP BERSTANDAR NASIONAL DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER SARJANA.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4091b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4078b) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (217Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (30Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (114Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Kajian terhadap keragaman penggunaan media pembelajaran di SMP belum banyak diketahui, sehingga ada kemungkinan pada materi pokok yang sama digunakan media yang berbeda. Sehubungan dengan itu, perlu di lakukan penelitian kajian penguasaan materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII berdasarkan keragaman media pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat keragaman media pembelajaran yang digunakan guru, (2) tingkat penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa kelas VII SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung, dan (3) mengetahui kesesuaian implementasi media pembelajaran yang di cantumkan dalam RPP dengan pelaksanaan pembelajaran. Sampel penelitian adalah 8 orang guru biologi kelas VII SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung yang berijazah S1 dan pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Teknik yang digunakan Sampling Jenuh dan Cluster Random Sampling. Data penelitian berupa : (1) data kualitatif (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran), yang di analisis dengan teknik persentase, kemudian dideskripsikan, dan (2) data kuantitatif berupa nilai rata-rata skor aspek kognitif yang di peroleh melalui post-test. Hasil penelitian menunjukkan enam sekolah menggunakan media pembelajaran yang beragam, sedangkan dua sekolah tidak menggunakan media pembelajaran. Dua sekolah yang tidak menggunakan media sudah mencapai kategori tuntas, tetapi hanya sedikit lebih besar dari KKM (≥ 70), dengan rata-rata nilai yang dicapai 70,59. Enam sekolah yang menggunakan media pembelajaran sudah mencapai KKM (≥ 65-70) yang lebih besar dengan rata-rata yaitu 78,37. Tampak pula seluruh guru SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung mengimplementasikan media pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Sehingga dapat ditarik kesimpulan dari penelitian adalah (1) ada perbedaan penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi ciri-ciri makhluk hidup pada SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung, (2) penguasaan materi ciri-ciri makhluk hidup, yang menggunakan media pembelajaran lebih tinggi dari KKM yang ditetapkan dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran, dan (3) Seluruh guru pada SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung mengimplementasikan media pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Kata kunci : penguasaan materi, ciri-ciri makhluk hidup, keragaman media pembelajaran, SSN.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:14 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13623 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |