KAJIAN PENGUASAAN MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII BERDASARKAN KERAGAMAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIOLOGI PADA SMP BERSTANDAR NASIONAL DI BANDAR LAMPUNG

0513024040, Novi Apriyanti (2011) KAJIAN PENGUASAAN MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII BERDASARKAN KERAGAMAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIOLOGI PADA SMP BERSTANDAR NASIONAL DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SARJANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4091b) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4078b) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (196Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (209Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (114Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Kajian terhadap keragaman penggunaan media pembelajaran di SMP belum banyak diketahui, sehingga ada kemungkinan pada materi pokok yang sama digunakan media yang berbeda. Sehubungan dengan itu, perlu di lakukan penelitian kajian penguasaan materi ciri-ciri makhluk hidup siswa kelas VII berdasarkan keragaman media pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat keragaman media pembelajaran yang digunakan guru, (2) tingkat penguasaan materi pokok ciri-ciri makhluk hidup oleh siswa kelas VII SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung, dan (3) mengetahui kesesuaian implementasi media pembelajaran yang di cantumkan dalam RPP dengan pelaksanaan pembelajaran. Sampel penelitian adalah 8 orang guru biologi kelas VII SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung yang berijazah S1 dan pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Teknik yang digunakan Sampling Jenuh dan Cluster Random Sampling. Data penelitian berupa : (1) data kualitatif (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran), yang di analisis dengan teknik persentase, kemudian dideskripsikan, dan (2) data kuantitatif berupa nilai rata-rata skor aspek kognitif yang di peroleh melalui post-test. Hasil penelitian menunjukkan enam sekolah menggunakan media pembelajaran yang beragam, sedangkan dua sekolah tidak menggunakan media pembelajaran. Dua sekolah yang tidak menggunakan media sudah mencapai kategori tuntas, tetapi hanya sedikit lebih besar dari KKM (≥ 70), dengan rata-rata nilai yang dicapai 70,59. Enam sekolah yang menggunakan media pembelajaran sudah mencapai KKM (≥ 65-70) yang lebih besar dengan rata-rata yaitu 78,37. Tampak pula seluruh guru SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung mengimplementasikan media pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Sehingga dapat ditarik kesimpulan dari penelitian adalah (1) ada perbedaan penggunaan media pembelajaran dalam menyampaikan materi ciri-ciri makhluk hidup pada SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung, (2) penguasaan materi ciri-ciri makhluk hidup, yang menggunakan media pembelajaran lebih tinggi dari KKM yang ditetapkan dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran, dan (3) Seluruh guru pada SMP Berstandar Nasional di Bandar Lampung mengimplementasikan media pembelajaran tidak sesuai dengan RPP. Kata kunci : penguasaan materi, ciri-ciri makhluk hidup, keragaman media pembelajaran, SSN.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:14
Last Modified: 22 Oct 2015 10:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item