1013119053, SADIYEM (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MENULIS PETUNJUK PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN “EXPERIENTAL LEARNING” SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL SDN 3 PAREREJO GADINGREJO TAHUN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (568Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (289Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (55Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II SD Negeri 3 Parerejo nampak bahwa pemahaman tentang materi pembelajaran menulis petunjuk masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran menulis petunjuk melalui model pembelajaran Experiental Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Parerejo. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri dari tiga siklus yang setiap siklusnya ada dua kali pertemuan. Penilaian prestasi belajar berdasarkan indikator yang telah direncanakan, yaitu pilihan kata/diksi, tanda baca, penggunaan huruf kapital, dan keruntutan penggunaan alat yang dilaksanakn setiap akhir siklus dengan melaksanakan tes uji tertulis. Adapun hasil penelitian dengan model pembelajaran Experiental Learning siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa, 11 siswa yang baru mencapai keberhasilan yang ditetapkan atau 39,29% pada siklus I pertemuan pertama, sedangkan pada pertemuan kedua meningkat 13 siswa atau 46,63% atau meingkat sebesar 7,14%. Pada siklus II pada pertemuan pertama terjadi peningkatan lagi menjadi 16 siswa atau 57,14% sedangkan pada pertemuan kedua meningkat lagi 17 siswa 60,71% atau meningkat 3,57%. Kemudian pada siklus III pertemuan pertama meningkat 18 siswa atau 64,29%. Dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 26 siswa atau 92,86% atau meningkat 28,57% dengan nilai rata-rata klasikal 82,44. Dengan demikian pada indikator keberhasilan siswa telah tercapai dengan indikator keberhasilan diatas 75%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Experiental Learning ternyata mampu meningkatkan pembelajaran menulis petunjuk pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 3 Parerejo. Oleh sebab itu pembelajaran dengan model Experiental Learning pada pembelajaran menulis petunjuk pada pelajaran Bahasa Indonesia perlu ditingkatkan. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, dan Experiental Learning
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:56 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13634 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |